Sekilas Tentang Internet

Anda sudah pernah berinternetan? pasti sudah lah, jika belum anda ketinggalan namanya, namun apakah anda tahu apa sebenarnya internet itu?

Sekilas Tentang Internet

Walaupun internet adalah bagian dari sehari-hari manusia, akan tetapi ada orang yang hanya menggunakannya saja tapi tidak tahu apa itu internet sebenarnya? inilah kesalahan kita yang hanya menikmati teknologi saja tapi tidak mempelajarinya.

Pada dasarnya internet merupakan singkatan dari Interconnected networking yang dapat bhekerja terhubung secara global. Jika secara istilah internet dapat di artikan Jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan sistem Internet Protocol (IP).

Dengan kata lain Internet (Interconnected Notworking) merupakan sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dengan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.

Sejarah Singkat Internet

Internet sebenarnya merupakan proyek jaringan komputer yang diciptakan oleh departemen pertahan amerika serikat pada tahun 1969, proyek tersebut dinamakan ARPA atau bisa disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Awal tujuan di rencanakanya proyek ini adalah untuk kemiliteran. Pada waktu itu Departemen pertahanan amerika menyebarkan jaringan tersebut ke komputer-komputer di daerah berbahaya untuk menghindari serangan nuklir.

Pada awalnya internet hanya memiliki 4 situs web saja antar lain Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Pada akhirnya proyek ARPANET diperkenalkan pada publik dan proyek tersebut semakin berkembang pesat saja.

Layanan Internet

Electronic Mail (E-Mail). Aplikasi ini adalah yang paling banyak digunakan dan termasuk salah satu dari aplikasi pertama di Internet. Dengan e-mail, anda dapat mengirim dan menerima surat, pesan, dokumen secara elektronik dengan pemakai lain di Internet yang mempunyai alamat e-mail.

News-USENET. Digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi antar pemakai jaringan Internet. Aplikasi ini hampir sama dengan papan pengumuman dimana setiap orang dapat mengirim, melihat dan menanggapi suatu berita atau suatu topik diskusi dengan fasilitas yang hampir sama dengan email.

File Transfer Protocol (FTP). Untuk dapat mengirimkan dan mengambil data yang disimpan dalam bentuk file, digunakan aplikasi FTP antara pemakai dengan suatu FTP server. Dengan adanya aplikasi ini dimungkinkan untuk upload dan download data  dalam format data berbentuk file seperti misalnya data aplikasi, gambar, database.

Remote Login – Telnet. Telnet adalah suatu aplikasi remote login Internet yang memungkinkan kita untuk login atau menggunakan komputer yang berbeda di jaringan secara interaktif. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengakses komputer berbasis sistem operasi UNIX dari tempat yang berbeda dari servernya.

World Wide Web. Awalnya informasi dapat dicari pada Internet dengan menggunakan information service berbasis archie, gopher dan WAIS (Wide Area Information System). Pencarian informasi berdasarkan menu-menu pada sistem tersebut dan output yang dihasilkan berbasis teks. Saat ini dengan teknologi World wide Web dimungkinkan untuk mengakses informasi secara interaktif dan bentuknya berupa tampilan grafis maupun teks. Hal ini dimungkinkan dengan adanya Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang digunakan untuk mengakses suatu informasi yang disimpan pada suatu situs web (website). Untuk dapat menggunakan saran ini dibutuhkan aplikasi Web Browser.

Teleconference. Dengan adanya jaringan Internet yang mencakup hampir di seluruh dunia, maka dimungkinkan adanya komunikasi secara langsung antar pemakai. Awalnya komunikasi langsung ini berlaku untuk dua pemakai dan menggunakan teks sebagai sarananya. Kemudian berkembang menjadi konferensi jarak jauh untuk banyak pemakai sekaligus dan bahkan media tidak hanya berbasis teks melainkan dalam bentuk suara bahkan gambar.

Cara Mengakses Internet

Mungkin anda sudah tahu ya cara mengakses internet terutama pada telepon genggam, tapi untuk saat ini saya akan menjelaskan mengakses internet di laptop/komputer.

Ada beberapa alat hardware atau pun software yang diperlukan. Di antaranya:

  1. Komputer/laptop/Handphone
  2. Modem/Provider
  3. Hardware lainnya

Setelah anda menyiapkan di atas, instal modem dan buatlah dial up agar bisa terkoneksi internet. Pastikan provider/kartu anda memiliki jaringan kuota internet ya.

Walaupun internet sedemikian canggihnya, tapi anda harus bisa menyikapinya karena di dalamnya terdapat hal negatif juga positif ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Sekilas Tentang Internet

Mdigital

Berbagi materi informasi dan pengetahuan digital online

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *