7 Tips Traveling Sendirian yang Harus Dipersiapkan

Para backpacker kebanyakan suka melakukan perjalanan sendirian, karena mereka bisa menikmati traveling dengan. Namun, melakukan hal ini tidak mudah dan butuh persiapan yang matang. Oleh karena itu, kamu wajib tahu tips traveling sendirian.

Traveling Sendirian

Persiapan yang harus kamu lakukan berupa barang bawaan, persiapan fisik dan mental, serta asuransi.

Salah satu pilihan terbaik adalah Asuransi Simas Insurtech karena bisa memberikan jaminan perlindungan atas risiko yang mungkin terjadi ketika kamu traveling sendirian.

7 Tips Traveling Sendirian Dijamin Aman

Tips liburan sendirian ini sangat penting karena kamu harus mempertimbangkan banyak hal. Mengingat, risiko bepergian sendirian lebih tinggi dari pada bersama kelompok.

Namun, jika dilihat dari sisi lain kamu lebih bebas karena bisa mengunjungi berbagai tempat tanpa ada hambatan.

Agar kamu bisa traveling dengan baik maka ketahuilah beberapa tips traveling sendirian yang ada di bawah ini, yaitu:

1. Buat Rencana Traveling yang Matang

Mengingat kamu bepergian sendirian, maka sebaiknya buat rencana traveling yang matang. Contohnya saja kamu ingin ke mana, lokasi wisata apa saja yang akan dikunjungi, akomodasi yang akan digunakan, waktu yang dibutuhkan untuk traveling, biayanya, dan lain sebagainya.

Kamu bisa memakai jasa agensi jika tidak memiliki banyak waktu untuk membuat rencana tersebut. Namun, agensi memiliki keterbatasan dan kamu tidak bisa secara leluasa mengeksplor daerah wisata sepuas mungkin.

Pastikan rencana yang ada dibuat sedetail mungkin agar kamu bisa memaksimalkan waktu yang ada untuk traveling dengan baik. Dengan rencana yang matang maka kegiatan traveling kamu dijamin memuaskan.

2. Persiapkan Barang Bawaan Secukupnya

Bepergian sendirian memang seru dan menyenangkan. Namun, terdapat banyak batasan saat kamu pergi sendirian. Contohnya saja, kamu harus bisa menjaga barang dan diri sendiri sehingga harus selalu waspada.

Agar kamu tidak terlalu repot menjaga barang bawaan maka bawalah secukupnya saja. Buatlah list barang bawaan yang penting-penting seperti pakaian, botol minum, dokumen, uang, alat elektronik dan beberapa pernak-pernik seperti charger atau kabel data. Kamu juga sebaiknya membawa peralatan mandi minimalis seperti sikat gigi dan pasta gigi.

Jika kamu menetap di hotel maka peralatan mandi tidak perlu dibawa. Jadi, kamu memiliki banyak ruang untuk menyimpan benda lain yang dikira penting selama perjalanan.

3. Catat Nomor Telepon Penting di Lokasi Tujuan

Tips traveling sendirian lainnya adalah dengan mencatat berbagai nomor telepon penting di tempat tujuan. Contohnya saja nomor telepon polisi, rumah sakit, klinik, pusat informasi dan lainnya.

Pada umumnya daerah wisata memiliki semua fasilitas publik tersebut dan bisa dihubungi pada jam kerja.

Beberapa di antaranya bisa kamu hubungi selama 24 jam. Mengetahui nomor telepon dan mencatatnya di buku atau smartphone masing-masing sangatlah membantu. Terutama ketika kamu mendapatkan masalah selama traveling.

Minimalnya kamu bisa mengakses berbagai informasi penting saat menghubungi nomor tersebut sehingga berbagai event ataupun kegiatan dalam tempat wisata dapat diketahui dan kamu bisa menikmati acara tersebut dengan mudah.

4. Pisahkan Tempat Uang, Dokumen, dan Barang Penting Lainnya

Ketika traveling sendirian maka kamu harus selalu berhati-hati dan menjaga diri dan barang bawaan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memisahkan tempat penyimpanan uang, dokumen, dan barang penting lainnya.

Caranya cukup mudah, kamu bisa menyelipkan uang dan dokumen pada lipatan pakaian yang mudah dikenali. Kamu juga bisa menyimpannya dalam bungkus plastik dan selipkan di dalam pakaian.

Setidaknya jika salah satu barang hilang maka kamu tidak kehilangan semuanya sehingga masih bisa menikmati traveling dengan mudah.

Namun, dokumen penting tidaklah boleh hilang karena sifatnya sangat krusial. Jika kamu tinggal di hotel maka gunakan brankas yang ada untuk mengamankan dokumen tersebut.

5. Persiapkan Dana yang Dibutuhkan

Tips traveling sendiri yang paling krusial adalah dananya. Tanpa dana yang cukup kamu tidak bisa melaksanakan semua rencana traveling yang ada.

Dana ini harus mencakup biaya akomodasi (transportasi dan penginapan), kuliner, uang masuk tempat wisata, uang jaga-jaga, dan lainnya.

Oleh karena itu, perhitungan yang matang sangat penting dalam hal ini. Kamu tidak perlu memegang banyak uang cash, karena sekarang tempat wisata memiliki banyak ATM bahkan beberapa di antaranya menerima debit atau credit card.

Jadi, kamu akan merasa lebih aman terutama saat memasuki daerah baru yang belum pernah dikunjungi sama sekali.

6. Gunakan Teknologi yang Ada

Zaman sekarang sangat mudah karena dengan smartphone kamu bisa mengetahui berbagai informasi penting terutama untuk berwisata. Bepergian sendiri saat ini tidak cukup jika tidak memakai smartphone.

Karena dari benda kecil tersebut kamu bisa tahu apa saja event yang akan ada, berapa jauh jarak tempat wisata dari penginapan, berapa biaya yang dibutuhkan, informasi diskon, dan lain sebagainya.

Terlebih dengan banyaknya aplikasi yang bekerja sama dengan berbagai lokasi dan wahana wisata membuat kamu semakin mudah mengakses tempat tersebut. Pastinya, dengan biaya yang lebih rendah namun kualitas pelayanan yang diterima tetap sama.

7. Selalu Berhati-hati

Tips traveling sendirian yang terakhir adalah selalu berhati-hati. Terutama bagi traveler wanita ataupun yang pertama kali mengunjungi sebuah daerah. Karena kamu tidak tahu apa yang akan terjadi di tempat tersebut, aturan lokal, dan lain sebagainya.

Jangan mudah terlalu dekat dengan orang lain dan jangan pula terlalu mencolok agar tidak mudah diincar.

Selalu waspada walau kepada anak kecil demi keselamatan diri dan barang bawaan. Pastikan selalu berada di area publik karena jika terjadi masalah kamu bisa meminta bantuan dengan cepat.

Tips traveling sendirian di atas sangat membantu kamu dalam bepergian nanti. Namun, perjalanan kamu akan semakin lengkap dengan memakai asuransi kecelakaan diri Simas Insurtech, karena dengan asuransi ini kamu dapat traveling dengan lebih aman dan nyaman.

 

Manasuka: Tips Traveling Sendirian yang Harus Dipersiapkan

Mdigital

Berbagi materi informasi dan pengetahuan digital online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.