6 Museum Indonesia Yang Patut Untuk Dikunjungi

Indonesia memiliki banyak museum yang menarik untuk dikunjungi. Banyak keuntungan yang di dapat bila berkunjung ke museum. Di sana pengunjung mendapatkan ilmu pengetahuan dan rasa seni yang terpancar dari benda-benda museum. Di bawah ini 6 museum yang menarik dan patut dikunjungi oleh warga lokal maupun manca negara.

museum Indonesia

6 Museum Indonesia Yang Menarik

1. Museum Bank Indonesia

Masih di Jakarta, Museum Bank Indonesia selalu dipenuhi pengunjung. Bentuk bangunannya yang megah dan artistik selalu dijadikan objek fotographi. Gedung museum ini dahulunya bank kolonial Belanda dan Bank Indonesia yang pertama. Keunikan museum ini adalah penyajian informasi sejarah Bank Indonesia melalui teknologi modern seperti bioskop mini dan layar sentuh. Di museum ini juga pengunjung dapat terhibur oleh sejumlah permainan virtual.

2. Museum Nasional

Museum yang berlokasi di Jakarta ini merupakan museum yang terbesar di Indonesia. Museum Nasional banyak menyimpan benda-benda peninggalan pra sejarah dan sejarah Indonesia. Seperti peralatan berburu zaman prasejarah, arca, prasasti kerajaan dan kekayaan emas yang pernah di miliki Indonesia.

3. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum ini sangat terkenal hingga ke manca negara. Di Museum Kereta Api Ambarawa pengunjung banyak mengetahui sejarah angkutan umum kereta api di Indonesia. Selain itu, pengunjung bisa berwisata lokal dengan menaiki kereta uap yang di pakai pada zaman kolonial Belanda.

4. Museum Geologi Bandung

Museum yang berlokasi di kota Bandung ini termasuk museum tertua karena didirikan sejak tahun 1929. Daya tarik museum ini adalah koleksi fosil binatang purba dan aneka ragam sumber kekayaan alam Indonesia yang tidak dapat diperbaharui.

5. Museum Kartun di Bali

Saat berkunjung ke Bali, jangan lewatkan museum kartun Indonesia. Di sini pengunjung akan disajikan hasil karya anak Indonesia yang pandai dalam membuat aneka kartun, karikatur dan komik. Di museum ini juga tersimpan kartun yang di koleksi presiden Soekarno.

6. Museum Tsunami Aceh

Duka nasional telah dialami seluruh rakyat Indonesia saat bencana tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 lalu. Sebagai bentuk peringatan peristiwa tersebut, maka didirikanlah museum Tsunami di kota Banda Aceh. Keunikan museum Tsunami terlihat dari bentuk bangunannya yang membagi 3 zona berdasarkan tema. Zona pertama adalah space of fear yang menggambarkan situasi yang mencekam saat peristiwa tsunami. Zona kedua adalah space of sorrow yang menggambarkan reaksi dan perasaan masyarakat Aceh di kala peristiwa itu. Zona ketiga adalah space of tell yang merupakan zona untuk berbagi pengalaman dalam menghadapi peristiwa tsunami. Masing-masing zona sangat menarik untuk di simak.

Dengan memilih museum sebagai destinasi tujuan wisata, kita tidak hanya sekedar menjadi tahu tetapi juga menghargai peninggalan kekayaan bangsa.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *