Stategi Pemasaran Bisnis Warung Kopi Bagi Prakerja

Berbagai bisnis kopi semakin bertebaran di mana-mana. Baik di desa maupun di perkotaan, usaha kopi ini semakin menggeliat menunjukkan eksistensinya di antara banyaknya beragam jenis minuman baru.

usaha warung kopi

Meskipun beraneka macam minuman juga semakin laku di pasaran, akan tetapi kehadiran kopi di tengah masyarakat tetap menjadi primadona untuk banyak kalangan. Pada dasarnya, siapa pun bisa menjalankan bisnis kopi ini.

Ada banyak cara untuk mempelajari konsep dari bisnis kopi. Anda bisa belajar lewat internet, ikut seminar tentang bisnis hingga mengikuti program kartu prakerja dengan mengambil kelas barista dan sejenisnya.

Dalam mengembangkan bisnis kopi, tentu ada pula beberapa strategi marketing yang perlu Anda ketahui agar tetap bisa bersaing dengan bisnis yang lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi berikut ini.

1. Utamakan Rasa dan Kualitas

Harga memang harus berbanding lurus dengan rasa dan kualitas kopi yang diberikan penjual. Orang-orang yang mengutamakan rasa dan kualitas tidak akan meninggalkan kedai kopi Anda sekali pun memiliki harga yang mahal. Oleh karena itu, Anda harus tetap mempertahankan cita rasa yang sudah dikenal oleh para konsumen Anda tersebut.

2. Berbagi di Sosial Media

Kekuatan sosial media akhir-akhir ini memang sangat ampuh untuk mempromosikan suatu produk atau pun usaha. Media sosial juga bisa menjadi tempat untuk menarik minat para pelanggan. Perkuatlah sosial media Anda dengan meningkatkan jumlah followers di setiap sosmed yang Anda miliki.

Jika Anda sebelumnya hanya akrab dengan Facebook, cobalah untuk membuat akun sosmed lainnya seperti Twitter, Instagram dan juga Youtube. Beriklan di Facebook memang harus mengeluarkan dana, akan tetapi hal tersebut tidak akan merugikan Anda. Banyaknya orang-orang yang melihat bisnis Anda di sosial media akan membuat mereka semakin penasaran hingga datang mengunjungi kedai kopi Anda secara langsung.

Jangan lupa untuk sering-sering berinteraksi dengan teman dunia maya Anda. Sering-seringlah memposting kedai bisnis kopi Anda agar para followers juga merasa tertarik dengan usaha yang sedang Anda rintis.

3. Ajak Food Blogger untuk  me-review Kedai Kopi Anda

Para food blogger yang terkenal pasti akan merekomendasikan kedai kopi Anda jika mengajak mereka bekerja sama. Kekuatan tulisan food blogger sudah tidak perlu diragukan lagi. Mereka sudah ahli menata kata bahkan berbagai teknik SEO pun telah mereka pelajari.

Anda jangan ragu untuk bertanya tentang dunia bisnis makanan dan minuman kepada mereka karena para food blogger ini sudah ahli dan berpengalaman dalam dunia tersebut. Mereka tahu pasti hal apa yang kurang dan perlu diperbaiki dalam sebuah bisnis makanan dan minuman.

4. Luncurkan Promo atau Adakan Give Away

Jika membahas promo atau give away, tentu akan sangat banyak orang yang akan tertarik datang di kedai kopi Anda. Anak muda menjadi kalangan yang akan lebih dulu maju jika urusan promo dan diskon besar-besaran. Oleh karena itu, cobalah untuk mengadakan promo atau give away pada waktu-waktu tertentu agar banyak orang tertarik datang di tempat Anda.

5. Buatlah Website

Kehadiran website juga menjadi kunci akan seriusnya Anda menggeluti bisnis ini. Selain Facebook, Twitter atau pun Youtube, Anda juga memerlukan website untuk meningkatkan kualitas pelayanan bisnis. Orang-orang tentu akan lebih senang membaca beragam informasi tentang kedai kopi Anda pada sebuah website dibandingkan di sosial media saja.

Nah, selain mempelajari strategi pemasaran kedai kopi di atas, Anda juga bisa mencoba untuk mengikuti program prakerja pelatihan usaha kopi dari Bencoolencoffee yang nantinya akan mendapatkan pengetahuan tentang karakteristik dan jenis KOPI JUJUR, mengetahui jenis kopi, menerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi

Juga ada penjelasan tugas profesi barista, cara meracik kopi, memberikan pelatihan pemahaman dan penggunaan peralatan kopi yang bisa digunakan oleh seorang Barista.

Tidak ketinggalan akan memberikan pelatihan dalam membuka Usaha Kedai Kopi dengan modal minim, agar bisa membuka kopi didaerah tempat tinggal dengan biaya terjangkau namun tetap memberikan penyajian dan cita rasa kopi jujur terbaik.

 

Stategi Pemasaran Bisnis Warung Kopi Bagi Prakerja

Mdigital

Berbagi materi informasi dan pengetahuan digital online

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *