Keuntungan Menggunakan Aplikasi HRD Bagi UKM

Aplikasi HRD berbasis teknologi HRIS (Human Resource Information System) merupakan sebuah program yang mampu mengorganisir pengelolaan dan pelaksanaan manajemen SDM dalam suatu perusahaan. Saat ini sudah banyak perusahaan mengadopsi aplikasi HRIS untuk menopang perkembangan bisnis.

Aplikasi HRD

Pengolahan data yang terkait dengan sumber daya manusia dianggap sangat krusial terhadap kemajuan dan perkembangan bisnis. Maka dari itu mengelola data karyawan penting sekali dilakukan untuk dapat mendorong kinerja karyawan lebih baik lagi.

Pasalnya, karyawan adalah penggerak utama kemajuan bisnis sehingga dampaknya akan dapat dirasakan langsung terhadap kualitas produk perusahaan. Adanya dukungan dari sistem HRIS, segala proses administrasi terkait personalia yang ribet dan rumit akan jadi lebih ringkas dan otomatis.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi HRD

Menggunakan aplikasi HRIS akan membantu tata kelola manajemen SDM, seperti absensi, penggajian, pengajuan cuti, lembur, dan lainnya dengan lebih terorganisir. Namun, aplikasi ini tidak hanya ditujukan untuk perusahaan-perusahaan besar saja tetapi bisa juga dimanfaatkan oleh perusahaan atau usaha kelas menengah (UKM).

Berikut beberapa keuntungan menggunakan aplikasi HR bagi bisnis UKM, yaitu:

Modernisasi Usaha

Jika ingin bisnis berkembang jangan pernah mengabaikan yang namanya inovasi teknologi. Para pelaku bisnis harus terus mengikuti perkembangan teknologi karena mampu memberi dampak luar biasa terhadap bisnis.

Aplikasi HR termasuk produk yang lahir dari inovasi teknologi. Kehadirannya memberikan kemudahan dalam mengelola hal-hal berkaitan dengan hak karyawan.

Bantu Menyesuaikan Kebijakan Pemerintah

Software HR ini tak hanya dapat mengikuti iklim bisnis yang terus menerus berubah, tetapi juga membantu Anda dalam menyesuaikan regulasi yang ditetapkan pemerintah. Apalagi saat ini urusan laporan keuangan ataupun izin usaha yang sudah banyak menggunakan teknologi.

Tidak hanya itu, urusan data-data juga harus dicatat dan dilaporkan dengan jumlahnya yang tidak sedikit. Oleh karena itu penggunaan software HRIS pada perusahaan sangat lah penting.

Meminimalisir Terjadinya Human Error

Dalam regulasi HR, kesalahan yang disengaja maupun tidak sengaja akan berdampak terhadap masalah finansial perusahaan dan juga hukum. Hal itu dikarenakan regulasi HR selalu berkaitan dan berpatokan pada isi Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Dengan sistem HRIS, kesalahan yang disebabkan oleh human error akan dapat diminimalisir karena sistemnya beroperasi sesuai regulasi. Bahkan dapat diperbaharui sesuai UU Ketenagakerjaan atau Peraturan Kementerian terbaru.

Akses Informasi Jadi Lebih Mudah

Kehadiran aplikasi HR memudahkan karyawan membuka akses untuk lebih terlibat dalam pencatatan mengenai informasi data diri karyawan baik itu terkait absensi, pengajuan cuti, dan sebagainya.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi HRD untuk mengakses setiap informasi dan tidak kebingungan mencari letak filenya. Hal ini juga dapat menjaga serta meningkatkan loyalitas karyawan sehingga perusahaan akan sangat terbantu.

Meningkatkan Kredibilitas UKM

UKM juga perlu meningkatkan kredibilitasnya terutama soal administrasi. Namun, jika masih menggunakan cara manual tentu akan menghambat proses aktivitas HRD, seperti pengelolaan dan pembayaran gaji karyawan.

Adanya aplikasi HRIS, maka keterlambatan pembayaran yang menjadi hak karyawan akan dapat dihindari, sehingga membuat karyawan merasa nyaman dalam pekerjaannya.

Bantu UKM Mengekspansi Bertambahnya Jumlah Karyawan

Dapat melakukan ekspansi bisnis dan sumber daya manusia tentu jadi dambaan setiap UKM sebagai bukti dan tolak ukur kesuksesan bisnisnya. Seiring bertambahnya jumlah karyawan, maka data-data mulai dari gaji dan pemberian bonus akan sangat sulit bila dilakukan secara manual.

Untuk itulah para pelaku usaha UKM butuh dukungan fitur-fitur dari aplikasi HR untuk mengambil alih pengolahan data sehingga memberikan hasil yang lebih cepat.

Efisiensi Waktu Bekerja

Dengan bantuan aplikasi HR membuat pekerjaan yang menumpuk selesai lebih cepat. Karyawan tidak perlu lagi membuang-buang waktu mengingat efisiensi waktu sangat penting bagi perusahaan sehingga seluruh pekerjaan bisa selesai sesuai deadline.

Sistem Penggajian Lebih Akurat

Jika Anda menggunakan software HRIS untuk penggajian, maka penghitungan gaji hasilnya akan lebih akurat. Payroll software Indonesia seperti LinovHR akan memungkinkan perhitungan gaji jadi lebih tepat karena dilakukan secara otomatis oleh sistem meskipun ada banyak komponen perhitungan di dalamnya.

Itu dia tadi keuntungan yang bisa didapatkan untuk bisnis UKM apabila menggunakan aplikasi HRD untuk tata kelola administrasi karyawan. Dengan demikian, segala aktivitas perusahaan jadi lebih efektif, efisien, dan tertata rapi.

 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi HRD Bagi UKM

Mdigital

Berbagi materi informasi dan pengetahuan digital online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.