Jenis dan Ciri-ciri Batu Akik Asli

  • Whatsapp

Batu akik berasal dari mineral yang membeku yang terangkap di dalam perut bumi kemudian keluar bersama magma letusan gunung berapi. Mineral ini kemudian terurai terbawa oleh angin, hujan dan mengalami perubahan karena suhu udara tertentu. Batu akik digolongkan ke dalam batu mulia karena merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui.

batu akik asli
batu akik asli

Ciri-ciri Batu Akik Berkualitas

Bacaan Lainnya

Banyak orang yang berburu batu akik karena ada cerita mitos-mitos didalamnya. Tidaklah heran bila bisnis batu akik sangat menggiurkan. Bagi Anda yang sedang terjun ke bisnis batu akik, hendaknya harus bisa membedakan batu akik asli yang berkualitas maupun batu akik tiruan atau jenis kw.

Seperti diketahui bahwa batu akik berkualitas tinggi atau asli harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Bahkan, baru-baru ini batu akik tersebut ada yang mencapai 1 milyar lebih. Sedangkan batu akik jenis kw harga termahal pada umumnya ratusan ribu rupiah.

Agar tidak tertipu antara batu akik asli atau jenis kw, hendaknya harus mengetahui ciri-ciri batu akik asli di bawah ini:

  1. Warna batu akik asli pada umumnya cerah dan mengkilap seperti kaca
  2. Permukaan batu akik asli pada umumnya melengkung dan terlihat pecahan bergelombang atau memiliki serat-serat halus.
  3. Bentuk batu asli sangat padat sehingga bila di pegang terasa berat
  4. Batu akik asli terasa sangat dingin bila diletakkan pada bagian kulit yang bersuhu hangat seperti lipatan siku pada lengan, atau di tempelkan pada leher dan pipi.
  5. Batu akik asli tidak mudah gosong atau meninggalkan bekas bila dipanaskan dan cepat
    kembali dingin meskipun setelah di tes dengan cara di bakar.
  6. Batu akik asli bila saling digesekkan atau dibenturkan satu sama lain, maka akan keluar percikan api dari kedua batu tersebut.

Jenis-jenis Batu Akik Asli

Banyak jenis-jenis batu akik berkualitas tinggi yang menjadi primadona, seperti batu kalimaya, phyrus, dan batu aqua marine. Namun ada jenis batu akik berkualitas tinggi atau sulit di tiru keasliannya dan harganya pun selalu naik di pasaran yaitu batu mirah delima, batu safir biru dan zamrud hijau.

Dengan mempelajari tips memilih batu akik berkualitas seperti yang diuraikan di atas, semoga tidak ada lagi yang terkecoh saat bertransaksi jual beli batuk akik sebagai hobi maupun bisnis yang menguntungkan.

Meskipun batu akik sudah tidak ngetren lagiseperti pada tahun 2010-an, namun batu akik masih tetap memiliki peminat terutama bagi yang senang koleksi batu alam. Bagi yang hobi mengoleksi batu cincin ini tak ada salahnya mengetahui tips memilih batu akik berkualitas di atas agar terhindar dari penipuan jual beli batu akik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code