Cara Melindungi Diri dan Keluarga dari Virus Corona

Hingga hari kasus virus corona atau covid-19 belum juga usai. Semakin hari semakin banyak korban yang berjatuhan akibat virus ini. Para tenaga medis pun mulai berguguran di rumah sakit hanya demi menyelamatkan nyawa para pasien. Maka tidak heran jika kepanikan dan kekhawatiran terus menghantui banyak keluarga di tanah air.

virus covid-19

Melindungi Diri dan Keluarga dari Virus Corona

Beberapa tips berikut pasti akan berguna untuk Anda dan keluarga Anda dalam melindungi diri di tengah musimnya wabah virus corona ini.

1. Jaga jarak

Pertama, mulailah untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain, minimal 6 kaki atau 2 meter.

2. Cuci Tangan dan Tidak Menyentuh Wajah

Mulailah untuk belajar tidak menyentuh wajahmu terlalu sering. Selain itu, cucilah tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun lebih sering.

3. Saat Berada di Kendaraan Umum

Cobalah bepergian menggunakan transportasi umum di luar jam-jam sibuk. Sehingga Anda bisa meminimalkan diri untuk saling bersentuhan dengan orang lain. Juga hindari kontak langsung dengan permukaan fasilitas umum yang ada di dalam kendaraan. Namun, jika tidak memiliki agenda ada baiknya untuk tetap di rumah saja.

4. Saat sakit

Ketika sakit, pastikan Anda mengenakan masker medis ketika harus bepergian. Tapi kalau bisa, tetaplah berada di rumah untuk menghindari penularan penyakit kepada dan dari orang lain. Jika Anda mengalami gejala-gejala COVID-19, telepon hotline Coronavirus di 021-5210411 / 0812-1212-3119.

5. Saat berolahraga

Jika bisa, berolahragalah di rumah atau di ruangan terbuka. Jika memang harus ke gym, hindari jam-jam ramai di mana banyak orang mengunjungi gym tersebut.  Selain itu, pastikan Anda tidak kontak langsung dengan alat-alat olahraga di gym dengan menggunakan sarung tangan lateks. Jangan lupa untuk langsung mandi setelah berolahraga, baik di gym atau pun di rumah dan di ruangan terbuka.

6. Saat keluar rumah

Jika memang harus keluar rumah, usahakan untuk melakukan berbagai pekerjaan dan kebutuhan sekaligus, dan di luar jam-jam sibuk. Setelah keluar rumah, pastikan Anda mengganti pakaian rumah yang bersih. Sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang sama untuk kegiatan di luar dan di dalam rumah. Setiap kali pulang dari luar rumah, pastikan Andi mandi dengan bersih.

Mdigital

Berbagi materi informasi dan pengetahuan digital online

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *