Sumber Daya Pendidikan Digital dalam Pendidikan Abad 21

Sumber daya pendidikan digital adalah alat dasar untuk menciptakan lingkungan belajar yang baik dan inovatif.

sumber daya pendidikan digital

Selama beberapa tahun sekarang, proses pendidikan telah menanggapi pedoman dan tuntutan masyarakat pengetahuan. Artinya integrasi TIK dalam pembelajaran semakin relevan untuk menciptakan narasi digital dalam lingkungan pedagogis. Untuk penciptaan keterampilan dan mengatasi kesenjangan dalam literasi digital, maka pengembangan dan penerapan sumber daya pendidikan digital yang efisien dan kreatif sangat penting.

Penggunaan alat dan materi digital didaktik dan memperkaya merupakan peluang besar bagi guru, siswa, orang tua, dan lembaga untuk mengambil peran aktif dan menentukan dalam proses belajar-mengajar . Dengan cara ini, penciptaan lingkungan belajar yang komprehensif dan penggunaan semua keunggulan pendidikan E-Learning disukai.

Di sisi lain, sumber daya pendidikan digital menjadi alat mediasi tidak hanya untuk pengajaran virtual sepenuhnya, tetapi juga untuk modalitas hibrida. Kehadiran menyiratkan upaya yang lebih besar dan lebih konstan untuk integrasi digital, sehingga jenis sumber daya ini akan menjadi sumber yang membuka jalan menuju budaya pendidikan yang dibingkai dalam kolaborasi, kerja sama, dan kesetaraan.

Apa itu sumber daya pendidikan digital?

Untuk menerapkan alat dengan cara yang benar, Anda harus mulai dengan memahami maknanya dan berbagai implikasi yang menyertainya.

Sumber daya pendidikan digital adalah semua jenis materi dan informasi yang dikodekan dan disimpan di komputer atau server internet. Sumber daya tersebut merespon pemenuhan tujuan pembelajaran tertentu dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa dan guru.

Untuk memahami pentingnya sumber daya pendidikan digital, harus diperhitungkan bahwa mereka memenuhi fungsi khusus untuk mempromosikan kegiatan pembelajaran secara lebih efisien.

Jenis sumber daya pendidikan ini dikembangkan untuk membantu perolehan pengetahuan dengan menginformasikan tentang topik tertentu dan memperkuat tema dan proses. Bersamaan dengan hal di atas, mereka penting untuk menyebarkan dan memperkuat keterampilan dan kemampuan digital dan untuk menilai pengetahuan yang diperoleh.

Sumber daya pendidikan digital secara khusus dicirikan oleh dinamisme dan interaktivitasnya . Di dalamnya ada berbagai macam format dan bahasa , seperti gambar, animasi, video, dan lainnya. Dinamisme sumber daya ini memungkinkan mereka untuk mandiri dan dapat digunakan kembali sesuai dengan perubahan kondisi pembelajaran.

Manfaat menggunakan sumber daya pendidikan digital banyak dan beragam dan itulah sebabnya mereka mewakili kebutuhan yang jelas dalam model pembelajaran apa pun. Untuk alasan ini, ada baiknya menyebutkan beberapa keuntungan terpentingnya.

Keuntungan penerapan sumber daya pendidikan digital

Sumber daya pendidikan digital mempromosikan pembelajaran terbuka. Dengan cara ini, penawaran nasional dan internasional untuk akses pendidikan diperluas dan semua kebutuhan pelaku pendidikan tercakup.

Sumber daya pendidikan digital adalah kunci untuk pengembangan model pembelajaran interaktif dan kritis. Berkat sumber-sumber ini, ide-ide yang berbeda menjadi kontras dan mendukung pemecahan berbagai jenis masalah.

Sumber daya pendidikan digital memperkuat komunikasi antara guru dan siswa. Pengetahuan tentang kebutuhan dan tujuan masing-masing aktor dalam proses pendidikan menjadi jelas, sehingga memberikan solusi yang memadai.

Sumber daya pendidikan digital tidak hanya fokus pada konsep. Sumber daya pendidikan digital membawa siswa lebih dekat ke proses pemahaman. Ini berkat alat yang berfokus pada simulasi situasi nyata.

Sumber daya pendidikan digital tidak ingin membanjiri siswa. Sebaliknya, ia menawarkan Anda perspektif baru tentang pendidikan yang memperkaya sekaligus menarik. Anda akan memiliki beberapa pilihan untuk memilih dari mana bergerak maju adalah satu-satunya kemungkinan.

Sumber daya pendidikan digital mendorong studi khusus. Dimungkinkan untuk menemukan E-book komputer untuk anak-anak dan sumber daya pendidikan lainnya yang terkait dengan bidang profesional yang berkembang pesat.

Klasifikasi sumber daya pendidikan digital

Jenis sumber daya pendidikan digital yang disajikan di bawah ini terutama menanggapi ruang lingkup didaktik dan kurikuler masing-masing dan media yang dibuatnya. Mereka diklasifikasikan seperti ini:

Sumber informasi dan transmisi

Sumber daya pendidikan digital yang informatif adalah semua materi yang berusaha menjelaskan atau memperjelas teori dan proses. Ini dapat mengintegrasikan semua jenis data, dari konsep hingga grafik dan gambar, selama ini benar-benar berguna untuk tujuan guru dan siswa.

Sumber daya ini dicirikan oleh kepengarangan mereka sendiri dan karena mereka dikembangkan untuk mengirimkan pesan pendidikan tertentu. Diantaranya adalah perpustakaan digital, blog informatif, buku digital, podcast, video, dan lain-lain.

Sumber daya aktif dan dukungan pendidikan

Dengan komponen jenis sumber daya pendidikan digital ini, penggabungan pembelajaran didorong melalui kegiatan didaktik yang difokuskan pada objek studi . Refleksi konstan dan penciptaan pengalaman inovatif adalah tujuan dari sumber daya aktif.

Contoh sumber daya aktif termasuk buku digital interaktif, game atau sumber daya G-Learning, dan bahkan simulator dan alat realitas virtual.

Sumber daya interaktif dan perawatan pendidikan

Sumber daya interaktif memperkuat proses pembelajaran melalui komunikasi sinkron atau anakronistik antara peserta dalam proses pendidikan. Tujuan dari sumber daya ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran kritis yang dapat diterapkan pada pengalaman nyata.

Pembelajaran yang signifikan adalah tujuan yang jelas dari jalur yang ditentukan oleh sumber daya pendidikan digital, itulah sebabnya kursus dan platform pendidikan virtual seperti Luca adalah contoh yang jelas dari sumber daya interaktif.

Namun, sumber daya pendidikan digital juga dapat diklasifikasikan berdasarkan format di mana mereka terdaftar:

  • Tekstual: Mengacu pada semua informasi yang disajikan secara tertulis. Ini juga dapat ditemukan diwakili dalam tabel, grafik atau diagram yang penting jelas dan detail.
  • Visual: Seperti namanya, mereka semua adalah sumber daya yang memungkinkan pembelajaran melalui indera penglihatan. Dalam kebanyakan kasus mereka berfungsi sebagai dukungan untuk informasi tekstual. Contohnya adalah gambar, foto, ilustrasi, grafik, dan lain-lain.
  • Suara: Ini adalah bagian dari semua informasi yang dikirimkan melalui elemen pendengaran. Salah satu contoh paling terkenal adalah podcast, meskipun elemen lain juga dapat ditemukan, seperti buku audio.
  • Audiovisual: Jenis sumber daya pendidikan digital ini mengintegrasikan elemen tekstual, visual, dan suara untuk mengirimkan informasi dengan cara yang jauh lebih komprehensif. Video microlearning Luca adalah contoh terbaik dari sumber audiovisual.
  • Multimedia: Last but not least, sumber daya multimedia dicirikan dengan mengintegrasikan semua jenis format dan dengan demikian menjamin interaksi yang tinggi bagi para pelaku dalam proses pendidikan. Kursus online, platform pendidikan, dan alat lainnya, seperti augmented reality atau video game adalah contoh dari jenis sumber daya ini.

Kesimpulan

Sumber daya pendidikan digital adalah bagian mendasar dalam proses inovatif yang dituntut oleh pendidikan digital. Sumber daya ini memberikan kemungkinan bagi guru atau tutor untuk mengeksplorasi kemampuan kreatif mereka dan penciptaan konten didaktik dan dinamis, juga memperkuat hubungan mereka dengan dunia digital dan pemanfaatannya untuk mengembangkan model pembelajaran yang efektif.

Implementasi sumber daya ini juga merupakan panorama yang menarik bagi demokratisasi pendidikan, karena ia berusaha untuk menanggapi kebutuhan tertentu dan dengan demikian mencakup populasi siswa yang lebih besar yang menginginkan pengetahuan.

Mdigital

Berbagi materi informasi dan pengetahuan digital online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.