Jenis-jenis Jurnal Pendidikan

Jurnal Pendidikan adalah publikasi yang membahas berbagai macam ilmu pendidikan serta penelitian yang memiliki interval jangka waktu terbit berkesinambungan di masalah-masalah pendidikan.

Jurnal Pendidikan

Fungsi jurnal adalah melestarikan ilmu pengetahuan dengan cara mendata dan meyebarkan yang telah peer review oleh ilmuan yang bergerak di dunia pendidikan.

Kalau di lihat karakteristiknya jurnal pendidikan seperti update, karena berkaitan dengan teori dibandingkan buku, dengan pembahasan yang lebih ringkas, sebagai referensi alternative, aplikasi dan implementasi dunia nyata.

Dengan perkembangan zaman yang semakin canggih di bidang ilmu teknologi, jurna dikembangkan menjadi e-journals atau bisa di sebut juga elektronik jurnal. 

Seperti yang di jelaskan dalam analisisnya Machlup yang memperkirakan Tahun 2000 banyak jumlah pekerja untuk mengolah informasi, seperti yang telah kita lihat saat ini telah terbukti banyak bidang diaplikasikan dengan teknologi informasi bernamakan “e” atau elektronik.

Begitu juga Putu Laxman Pendit menjelaskan “Tahun 1990-an “e-journals masih dalam tahap eksperimental dan masih sesuatu mimpi, tapi sekarang terbukti semua itu bukan  lagi mimpi telah menjadi kenyataan.”

Perkembangan teknologi informasi sangat membantu dalam perkembangan pendidikan sehingga jurnal yang dibuat oleh parapakar pendidikan dapat di buat menjadi e-jurnals.

Bentuk Jurnal Pendidikan

Berikut Jenis-jenis bentuk jurnal pendidikan

Jurnal Metakognisi

Untuk meningkatkan paras pemikiran kritis, seseorang hendaklah memantau dan menyedari proses pemikirannya.

Jurnal Dilektika

Jurnal Dilektika merupakan satu bentuk catatan nota yang melibatkan catatan bergu semasa membaca bahan kursus.

Jurnal Catatan Bergu

Jurnal Catatan Bergu membolehkan pelajar me-record-kan respons kepada teks yang dibacanya.

Jurnal Refleksi

Dalam Jurnal Refleksi pelajar mengenal pasti sesuatu aktivitas, lalu merenung atas bahan pembelajarannya.

Jurnal Spekulasi Akibat

Dalam jurnal ini, pelajar memeriksa sesuatu peristiwa dan membuat spekulasi tentang kesan jangka panjang yang diakibatkan oleh peristiwa itu. Catatan jurnal ini menggalakkan pelajar membuat ramalan atas peristiwa dan aktivitas yang dialaminya.

Jurnal Sintesis

Pada akhir minggu atau tamatnya satu unit pengajaran, pelajar-pelajar boleh merenung atas semua aktivitas-aktivitas yang dikumpulkan.

Log Pembelajaran

Salah satu bentuk jurnal yang penting ialah Log Pembelajaran. Log Pembelajaran selalu dikaitkan dengan kesusasteran tetapi boleh digunakan dalam banyak situasi yang lain.

 

Jenis-jenis Jurnal Pendidikan

Mdigital

Berbagi materi informasi dan pengetahuan digital online

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *