Bledug Kuwu, Fenomena Alam Gunung Api Berlumpur

Pernahkah mendengar nama Bledug Kuwu? Bledug Kuwu berasal dari kata bledug yang berasal dari bahasa jawa yang memiliki arti mbledug atau meledak, sedangkan kuwu sendiri memiliki arti kata kuwur yang berarti kabur atau berhamburan.

bledug kuwu

Menurut para ahli sejarah asal usul nama Bledug Kuwu, yaitu sebuah kawah lumpur yang berlokasi di Desa Kuwu. Kawah tersebut secara berkala melepaskan lumpur yang mengandung mineral, dengan membentuk letupan – letupan besar setinggi 2 meter.

Bledug Kuwu telah menjadi sebuah objek wisata yang sangat menarik. Bledug Kuwu merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Kuwu Kecamatan Keradenan Kabupaten Grobogan. Lokasi wisata tersebut dapat ditempuh sekitar kurang lebih 30 kilometer arah timur dari Kabupaten Purwodadi Jawa Tengah.

Fenomena Alam Keindahan Gunung Api Berlumpur

Bledug Kuwu adalah sebuah fenomena alam gunung api berlumpur, sama halnya yang terjadi di Porong Sidoarjo Jawa Timur. Tetapi fenomena tersebut sudah terjadi sebelum jaman Kerajaan Mataram Kuno terdahulu.

Yang menarik dari objek wisata Bledug Kuwu ini adalah letupan-letupan lumpur yang mengandung garam dan mineral yang berlangsung antara dua atau tiga menit dengan diameter kurang lebih sekitar 650 meter.

Oleh penduduk sekitar, lumpur tersebut dimanfaatkan mineralnya sebagai pembuatan konsentrat garam yang disebut bleng serta dipakai dalam pembuatan kerupuk karak.

Selain itu yang menarik dari objek wisata ini letupan lumpur tersebut disertai dentuman suara serta luapan asap putih yang menambah panorama keindahan alam yang ada di lokasi wisata tersebut.

Selain dapat menikmati fenomena alam ini, para wisatawan yang datang ke lokasi tersebut dapat membeli garam yang dihasilkan dari air asin yang muncul dari Bledug Kuwu tersebut sebagai oleh – oleh keluarga dirumah.

Garam – garam tersebut dibuat oleh warga masyarakat sekitar sebagai penghasilan tambahan dengan proses tradisional.

Hasil dari pengolahan air dari lokasi tersebut yang menjadi garam memiliki tekstur lebih gurih, lebih putih, serta lebih halus dibanding dengan garam yang dihasilkan dari air laut.

Selain itu, Konon lumpur yang dihasilkan dari Bledug Kuwu ini jika digunakan sebagai luluran akan bermanfaat untuk menghaluskan kulit serta dapat digunakan sebagai pencegah penyakit kulit.

Apabila pengunjung ingin membawa pulang, disekitar lokasi obyek wisata ini banyak para pedagang yang menjual lumpur serta air dari Bledug Kuwu yang dikemas dalam botol bekas air mineral.

Akses Jalan Menuju Bledug Kuwu

Akses untuk menempuh perjalanan menuju lokasi Bledug Kuwu tersebut pengunjung dapat menggunakan jalur darat. Lokasi tersebut dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Apabila pengunjung mengawali perjalanan dari Kota Semarang, pengunjung harus melewati Kota Purwodadi terlebih dahulu setelah itu menuju lokasi wisata Bledug Kuwu dengan jalur Purwodadi-Blora. Untuk itu tak ada salahnya Anda berkunjung ke Kabupaten Grobogan Jawa Tengah, menyempatkan diri untuk singgah ke lokasi objek wisata tersebut.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *