Alasan Sewa Bus Pariwisata Masih Diminati

Bisnis rental atau sewa bus masih memiliki prospek yang cerah. Apalagi pemerintah Indonesia menjadikan sektor pariwisata sebagai prioritas. Oleh karena itu kegiatan berwisata telah menjadi gaya hidup dan merupakan kebutuhan bagi masyarakat di Indonesia.

sewa bus pariwisata

Motivasi setiap orang baik itu kaum muda maupun orang tua untuk melakukan wisata dapat berbeda-beda, mulai dari keinginan untuk istirahat dari penatnya pekerjaan dan rutinitas sehari-hari,  mencari pengalaman baru, maupun sekedar wisata kuliner.

Hal inilah yang kemudian memicu bisnis biro perjalanan semakin menjamur di Indonesia. Tentunya bisnis travel ini tidak dapat dipenuhi oleh biro perjalanan sehingga bekerja sama dengan penyedia layanan alat transportasi seperti biro perjalanan sewa bus Semarang dengan perusahaan otobis yang menyediakan bus pariwisata untuk memenuhi layanan transportasi.

Bisnis layanan sewa bus tidak hanya melayani kegiatan wisata saja. Penggunaan jasa sewa bus banyak juga dilakukan pada kegiatan kantor, seminar, kunjungan kelembagaan, ziarah, serta tujuan perjalanan lainnya. Oleh karena itu, peluang bisnis sewa bus masih sangat besar.

Selain itu, terdapat kelebihan-kelebihan moda transportasi bus dibandingkan angkutan darat lainnya. Bus memiliki daya angkut yang lebih besar dan lebih leluasa dibandingkan kendaraan jalan raya lainnya. Meskipun kereta api bisa mengangkut penumpang lebih banyak, namun tujuan terbatas.

Kelebihan lain bus dibandingkan dengan mobil adalah tarif yang lebih murah dihitung per orang. Tingkat keamanan Bus juga relatif lebih baik. Angka kematian akibat kecelakaan pada bus terbukti lebih kecil dibandingkan kendaraan seperti minibus atau sepeda motor.

Di sisi lain, dengan meningkatnya volume kendaraan saat ini yang tidak sebanding dengan kapasitas jalan. Penumpukan kendaraan dari luar kota biasanya terjadi pada saat akhir pekan dimana peralihan dari angkutan umum ke angkutan pribadi menjadi sebagian masalah pada pengelolaan transportasi.

Padahal jika beberapa orang menyewa bus, diperkirakan berpotensi mereduksi 55 mobil dari jalanan. Bahkan daya angkut bus lebih besar daripada monorel, jika monorel pada umumnya mampu mengangkut 90 penumpang, bus mampu mengangkut hingga 200 penumpang.

Artinya, sebuah bus sebanding dengan dua gerbong monorel, sehingga penggunaan bus relatif lebih efektif dalam mengurangi kemacetan. Jalur yang digunakan bus sama dengan kendaraan lain dan dapat menjangkau banyak tujuan.

Meskipun bersaing dengan penyedia layanan transportasi online, namun penyewaan bus masih memiliki prospek cerah. Misalkan saja PO Bluebird telah mengembangkan bus pariwisata dibandingkan pengoperasian taksi yang mengalami masa sulit akibat tergusur dengan layanan transportasi online. Sementara ini belum ada layanan online yang menggusur bus pariwisata .

Hanya saja perang tarif di antara penyedia jasa sewa bus terus meningkat seperti jasa sewa bus Semarang yang memberikan layanan lebih. Tentunya dengan permintaan yang masih tinggi kompetisi harga di antara perusahaan otobus juga semakin meningkat.

Tarif merupakan komponen penting yang menjadi pertimbangan pelanggan dalam memilih bus pariwisata. Untuk menentukan tarif dari sebuah layanan banyak metode yang dapat digunakan baik dari sisi ekonomi maupun lainnya.

Mdigital

Berbagi materi informasi dan pengetahuan digital online

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *