Pengertian Kemampuan Spasial

  • Whatsapp

Pengertian Spasial secara umum adalah sesuatu yang berkenaan dengan ruang atau tempat. Sedangkan kemampuan spasial adalah kemampuan seseorang untuk menangkap ruang dengan segala implikasinya.

Kemampuan Spasial

Bacaan Lainnya

Kemampuan spasial merupakan kemampuan untuk memandang warna, garis, bentuk dan ruang, dan dapat memahami visuali serta sifat-sifat keruangan. Kemampuan spasial memuat kemampuan seseorang untuk memahami secara lebih mendalam hubungan antara objek dan ruang

Pengertian Kemampuan Spasial Menurut Beberapa Ahli

Menurut Wahyudin (2015:85) kemampuan spasial adalah kemampuan membayangkan, membanding, menduga, menentukan, menkonstruksi, mempresentasikan, dan menemukan informasi dari stimulus visual dalam konteks ruang.

Menurut Piaget (dalam Marliah, 2006:28) menyatakan kemampuan spasial sebagai konsep abstrak yang didalamnya meliputi hubungan spasial (kemampuan untuk mengamati hubungan posisi objek dalam ruang), kerangka acuan (tanda yang dipakai sebagai patokan untuk menentukan posisi objek dalam ruang), hubungan proyektif (kemampuan untuk melihat objek dari berbagai sudut pandang), konsversi jarak (kemampuan untuk memperkirakan jarak antara dua titik), representasi spasial (kemampuan untuk merepresentasikan hubungan spasial dengan memanipulasi secara kognitif), dan rotasi mental (membayangkan perputaran objek).

Menurut Shearer (dalam Ahmad dan Jaelani 2015:4) kemampuan spasial juga termasuk mempresentasikan dunia melalui gambaran-gambaran mental dan ungkapan astistik.

Indikator Kemampuan Spasial

Indikator kemampuan spasial menurut Wahyudin (2015:85) adalah:

  1. Menyatakan kedudukan antar unsur-unsur suatu bangun ruang.
  2. Mengidentifikasi dan mengkalasifikasi gambar-gambar geometri.
  3. Membayangkan bentuk atau posisi suatu obyek geometri yang dipandang dari sudut pandang tertentu.
  4. Mengkonstruksi dan mempresentasikan model-model geometri yang digambar pada bidang datar dalam konteks ruang.
  5. Menginvestigasi suatu obyek geometri.

Seseorang yang memiliki kemampuan spasial lebih ini dicirikan antara lain dengan:

  1. Memberikan gambaran visual yang jelas ketika menjelaskan sesuatu;
  2. Mudah membaca peta atau diagram;
  3. Menggambar sosok orang atau benda mirip dengan aslinya;
  4. Sangat menikmati kegiatan visual, seperti teka-teki atau sejenisnya;
  5. Mencoret-coret di atas kertas atau buku tugas sekolah;
  6. Lebih memahami informasi lewat gambar daripada kata-kata atau uraian.

Tes Kemampuan Spasial

Kemampuan spasial seseorang dapat diketahui dengan menggunakan sebuah tes atau soal. Tes ini mengungkap sesuatu yang berhubungan dengan benda-benda yang konkret melalui visualisasi. Tipe soal yang diberikan akan menyajikan suatu kombinasi dari dua bentuk pendekatan terdahulu dengan pengukuran kemampuan ini.

Kemampuan membayangkan suatu objek yang dikonstruksi dari suatu gambar dalam suatu pola yang telah sering digunakan dalam tes visualisasi struktural. Demikian pula, kemampuan untuk membayangkan bagaimana suatu objek akan tampak jika diputar-putar dalam beberapa cara tertentu yang telah dipergunakan secara efektif dalam pengukuran persepsi ruang.

Hasil tes dapat mengungkapkan bagaimana baiknya seseorang dapat membayangkan atau membentuk gambar-gambar mental dari objek-objek padat hanya dengan melihat rencana-rencana di atas kertas yang rata (flat paper plans), dan bagaimana baiknya seseorang berpikir dalam tiga dimensi.

Tes ini akan mengungkap kemampuan seseorang untuk melihat, membayangkan bentuk-bentuk dan permukaan-permukaan suatu objek yang telah selesai sebelum dibangun, hanya dengan melihat gambar-gambar yang akan digunakan sebagai penuntun. Kemampuan ini akan mempermudah menangani berbagai pekerjaan dalam matematika seperti geometri.

 

Pengertian Kemampuan Spasial

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code