Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Disinfektan

Disinfektan merupakan cairan yang berasal dari bahan kimia yang bertujuan untuk menghancurkan mikroorganisme pada permukaan benda mati. Salah satu hal yang harus diingat dari disinfektan ini yaitu berperan dalam mencegah penyebaran virus atau bakteri, seperti masa pandemi saat ini. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan disinfektan.

Penggunaan Disinfektan

Cara Menggunakan Disinfektan dengan Benar dan Aman

Inilah cara yang dilakukan dalam penggunaan disinfektan dengan benar dan aman sebagai berikut.

  1. Memakai sarung tangan yang sekali pakai sebelum membersihkan benda dan menggunakan cairan disinfektan. Tujuannya penggunaan sarung tangan ini yaitu untuk mencegah iritasi pada kulit.
  2. Membersihkan permukaan dengan menggunakan sabun dan air terlebih dahulu, kemudian gunakan disinfektan. Pembersihan dengan sabun dan air ini dilakukan untuk mengurangi jumlah kuman dan kotoran yang ada di permukaan.
  3. Melakukan pembersihan secara rutin terhadap permukaan atau objek yang sering disentuh di lingkungan keluarga. Seperti meja, gagang pintu, sakelar lampu, meja dapur, telepon, remote TV, HP, wastafel dan lainnya.
  4. Mengikuti instruksi pada label disinfektan untuk memastikan cara penggunaan yang aman dan efektif.
  5. Setelah melakukan pembersihan dengan disinfektan, lepas sarung tangan Anda kemudian cuci tangan dengan benar menggunakan air dan sabun minimal selama 20 detik.
  6. Sebaiknya mengurangi kontak langsung dengan cairan disinfektan pada permukaan tubuh.

Hal-Hal yang Diperhatikan Sebelum dan Sesudah Menggunakan Disinfektan

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan disinfektan antara lain.

  1. Hindari penggunaan cairan disinfektan terkena ke permukaan kulit yang terbuka seperti mulut, mata dan hidung.
  2. Menjauhkan cairan disinfektan dari makanan/minuman dan jangkauan anak-anak.
  3. Menyimpan disinfektan di tempat yang sejuk dengan suhu ruangan sekitar 20-22 derajat celcius.
  4. Menghindari memasukkan cairan disinfektan ke dalam tubuh melalui mulut dan hidung.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika penggunaan disinfektan memang penting, namun perlu dipahami mengenai fungsi dan cara kerja dari disinfektan. Gunakan cairan disinfektan secara bijak dan aman agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Disinfektan adalah cairan kimia yang digunakan untuk membunuh virus dan bakteri menggunakan senyawa khusus yang dapat membunuh virus dengan waktu yang sangat singkat. Sebaiknya gunakan jasa disinfektanagar mendapatkan hasil maksimal.

Namun pastikan memilih jasa penyemprotan disinfektan dengan harga wajar yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas chemical disinfektan yang digunakan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda.

 

Penggunaan Disinfektan

Mdigital

Berbagi materi informasi dan pengetahuan digital online

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *